Indonesia Bangkit

Give More . . . . Get More

Aku Cinta Produk Indonesia

Posted by yunus07elektro pada Mei 5, 2009

agoesjoesoef-jakarta

Salah satu faktor yang menyebabkan Korea Selatan mempunyai perekonomian yang baik adalah rasa nasionalis yang tinggi, yaitu mencintai produk dalam negeri. Sebaiknya Bangsa Indonesia meniru perilaku tersebut. Dan yang terpenting adalah kesadaran dari dalam diri sendiri, bukannya dalam bentuk paksaan. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki jumlah penduduk yang besar sehingga memiliki potensi yang cukup besar untuk mendongkrak perekonomian. Dengan tersedia SDM yang cukup besar dapat menunjang untuk menjadi negara Industri, seperti AS, Jepang, Jerman, dll. Hebatnya Korsel adalah, keterlambatan Negara nya bangkit daripada Indonesia tetapi perekonomiannya cukup jauh meninggalkan Indonesia. Dan mencintai produk dalam negeri adalah kunci utamanya untuk bangkit.

Walaupun di Indonesia, ajakan untuk mencintai produk dalam negeri sudah mulai gencar dipublikasikan. Tetapi, pengaruhnya tidak begitu terlihat, bahkan bisa dikatakan sama sekali tidak terlihat. Masyarakat masih belum mempercayai kualitas produk dalam negeri, sungguh sangat memprihatinkan. Imej bahwa produk dalam negeri mudah rusak dan kualitasnya biasa – biasa aja sudah hinggap di pikiran mereka. Apalagi beberapa produk luar negeri yang lebih murah, merupakan salah satu pemicu untuk tidak membeli produk dalam negeri. Bayangkan, jika semakin banyak penduduk Indonesia yang membeli produk luar negeri, sama saja kita mensejahterakan Negara lain. Dan lama kelamaan, perusahaan dalam negeri akan jatuh.

Dukungan penduduk Indonesia terhadap produk dalam negeri sangat diperlukan untuk meningkatkan perekonomian. Walaupun kita menyadari bahwa kualitas produk dalam negeri masih kalah dari produk luar negeri. Oleh karena itu, rasa nasionalisme yang tinggi memang sangat diperlukan. Dengan membeli produk dalam negeri bearti kita mendukung pabrik dalam negeri. Semakin banyak pembelian maka semakin banyak keuntungan yang diperoleh. Keuntungan yang banyak itu dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga dapat bersaing di kancah Internasional. Dan produk Indonesia dapat menjadi pilihan bagi masyarakat Internasional. Semakin banyaknya kegiatan ekspor dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Alternatif lain dalam meningkatkan perekonomian Indonesia adalah dengan cara bekerja pada perusahaan dalam negeri. Walaupun rata-rata besarnya gaji tidak sebanyak perusahaan internasional, hal ini dapat menunjukkan rasa nasionalisme kita. Semakin banyak orang – orang Indonesia yang akan bekerja pada perusahaan dalam negeri akan meningkatkan peluang diperolehnya SDM yang berkualitas sehingga menunjang dalam peningkatan produk dalam negeri.

Pelarangan impor produk tertentu untuk melindungi perusahaan dalam negeri juga dapat dilakukan. Tidak hanya itu, harus juga diimbangi dengan peningkatan pendidikan sehingga dihasilkan SDM yang benar – benar berkualitas karena produk dalam negeri seharusnya juga dibuat oleh penduduk Indonesia. Ternyata memang terdapat benang merah antara mencintai produk dan pekonomian dalam negeri. Sudah saatnya kita berpikir untuk jangka panjang ke depan. Meningkatkan perekonomian dengan cara mencintai produk dalam negeri.

About these ads

4 Tanggapan to “Aku Cinta Produk Indonesia”

  1. kahar berkata

    Meningkatkan perekonomian dengan cara mencintai produk dalam negeri.<— setuju bgt neh, klo mau maju ya cintai dulu produk dalam negeri

  2. Student berkata

    Kayaknya kampanye “Aku Cinta Indonesia” perlu digalakan lagi ya: Namun apakah generasi muda saat ini merasa bangga enggak ya dengan memakai produk Indonesia, ditengah serbuan produk impor dan prilaku konsumersime :)

  3. mbahmol berkata

    produk dalam negri yg berbasis elektronika. tolong mana sebutin? menggalakkan cinta produk dalam negri, lha wong produknya saja tdk ada??????? kasihaaaan dech.
    produk unggulan indonesia adalah KKN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: