Indonesia Bangkit

Give More . . . . Get More

“Percobaan ketiga : Adjustable Sinusoidal Oscillator”

Posted by yunus07elektro pada Agustus 18, 2008

Pada semester 2 saya mengambil matkul elektronika dasar dengan dosennya Pak Irfan. Pada saat itu saya mulai mempelajari elektronika. Bagi saya elektronika itu sangat kompleks karena aplikasinya sangat banyak. Berbeda dengan SMA, saat kuliah kita lebih berbicara pada aplikasinya lebih-lebih bagi seorang engineer. Pada akhir semester diadakan final project yang berupa pembuatan adjustable sinusoidal oscillator. Pada saat itu saya sekelompok dengan Herbudi dimana tiap kelompok cuma terdiri dari 2 orang. Akhirnya kami menemukan rangkaian yang komponen utamanya berupa op amp dan resistor-kapasitor yang bersifat sebagai filter.

Gambar di atas adalah gambar alatnya yang masih dikerjakan di pcb bolong😀 , Alat ini bekerja pada catu daya sebesar 9 V. adjustable sinusoidal oscillator ini dapat menghasilkan gelombang sinusoidal dengan range 2 kHz – 12 kHz. Pengubahan range frekuensi gelombang menggunakan potensio. Apabila frekuensi gelombang yang dihasilkan di luar range itu maka gelombang sinusoidal akan cacat. Terdapat 2 potensio, yang satu dipakai untuk mengubah frekuensi gelombang sedangkan yang satunya dipakai untuk mengubah amplitudo. Jadi besar kecilnya amplitudo juga dapat diatur juga.

Prinsip kerjanya juga sangat sederhana, di mana terdapat noise yang dihasilkan oleh resistor ( sumber dari senior, aku juga belum begitu mempelajari ) tepatnya resistor kolektor. Noise sebenarnya terdiri dari berbagai frekuensi kemudian hanya frekuensi tertentu saja yang dapat melewati filter atau disebut rangkaian feedback karena outputnya dimasukkan ke op-amp terus menerus. DI sini op-amp merupakan rangkaian inverting yaitu output berlawanan dengan input. Rangakaian op amp ini memperkuat gelombang yang asal mulanya dari noise. Kemudian masuk lagi ke rangkaian fedback lagi. Begitulah rangkaian itu berosilasi seterusnya sampai rangkaian op amp tidak menguatkan lagi atau gain nya sama dengan 3 atau gain pada rangkaian keseluruhan sama dengan 1 ( Rangkaian filter juga memiliki gain reduksi sebesar 3 ). Gain berubah menjadi tiga disebabkan adanya automatic gain control yang dipasang pada rangkain feedback pada op amp ( INGAT rangkaian feedback pada op amp lho ) yang berupa 2 buah dioda. Prinsip kerjanya automatic gain control sederhana sekali. Anda tau khan rumus gain pada rangkaian inverting op amp. Itu lho . . . minus hambatan total pada rangkaian feedback op amp dibagi dengan hambatan total pada resistor yang masuk pin inverting. Awalnya gain pada rangkaian op amp lebih dari tiga. Pada saat itu dioda masih off, karena tegangan meningkat ( efek penguatan pada op amp ) maka dioda menjadi on. Karena dioda on maka resistor yang diparalel dengan dioda diabaikan sehingga hambatan total pada rangkaian feedback op amp menurun sampai gain op amp sama dengan 3. Perlu diperhatikan bahwa gelombang yang masuk ke op amp haruslah umpan positif atau fasenya sama dengan gelombang yang masuk pada pin sebelahnya. Kemampuan untuk mendapatkan umpan positif diatur oleh rangkaian filternya.

Satu Tanggapan to ““Percobaan ketiga : Adjustable Sinusoidal Oscillator””

  1. dwi said

    ne saya mau tanya kira-kira klo mau buat led bobo ini bisa ditunjukkan rangkaiannya gak?masalahnya saya butuh bgt…thanx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: