Indonesia Bangkit

Give More . . . . Get More

“Proyek ke 4 : Negatif Power Supply from Positif Power Supply”

Posted by yunus07elektro pada Agustus 18, 2008

Ini adalah tugas mandiri praktikum elektronika dasar pada semester 2. Di mana mahasiswa diwajibkan membuat sebuah alat untuk dan diujikan sebagai final project. Ide membuat ini adalah memberikan alternativ untuk membuat catu daya negatif dari catu daya positif tanpa menggunakan ic. Di mana kebanyakan kalangan telah menggunakan ic tuk membuat catu daya negatif. Aplikasinya terutama digunakan pada op amp yang menggunaka dual supply dan rangkaian lainnya. Ditinjau dari ekonomis harga total komponen sangat murah dan ditinjau dari proses pembuatan dapat dikatakan mudah. Lagi-lagi saya masih menggunakan pcb bolong karena terbentur masalah waktu disebabkan blom bisa memakai software cad untuk membuat pcb.

Gambar di atas adalah rangkaian skematiknya. Cara kerjanya sambungkan input dengan catu daya positif maka output akan menghasilkan catu daya negatif  yang besarnya sama dengan catu daya positif. Sungguh mudah bukan ??? Prinsip kerjanya adalah ic 555 menghasilkan gelombang kotak terus menerus ( di sini ic 555 dirangkai astabil ). Pada pin ke 3 atau output ic 555 dipasang kapasitor elektrolit. Ketika tegangan yang dihasilkan positif maka arus akan mengalir melewati dioda d1 sedangkan jika tegangan negatif maka arus akan mengalir melewati dioda d2 tapi dengan arah arus yang berlawanan sehingga kapasitor 100uF akan terisi sampai penuh. karena titik output sejalur dengan kutub negatif kapasitor maka tegangan output benilai negatif.

2 Tanggapan to ““Proyek ke 4 : Negatif Power Supply from Positif Power Supply””

  1. Dadan said

    Tolong donk ajarin cara merangkainya dg menggunakan PCB bolong. . .
    saya ada tugas dari skl bikin powr suply ganda,mungkin kk bisa bantu saya dalam tugas ini,mksh sblmnya…

  2. yunus07elektro said

    ajarin gimana ya?? kan sudah ada gambar schematic-nya di atas. Tempelin komponen di pcb bolong dulu kemudian tinggal di routing sesuai gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: