Indonesia Bangkit

Give More . . . . Get More

Masa Depan Menantimu . . . . . .

Posted by yunus07elektro pada Oktober 2, 2008

Pada hari lebaran ini, dimana kita merayakan kemenangan atas perjuangan kita pada bulan ramadhan. Saat bulan ramadhan merupakan saat yang tepat untuk menggembleng diri untuk berubah menjadi lebih baik. Itu semua bertujuan untuk menghadapi masa depan. Masa depan kadang-kadang tidak seperti yang kita harapkan juga, bekal yang mapan sangat diperlukan untuk itu. Menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat adalah cita-cita semua orang. Berbagai cara yang berbeda-beda ditempuh untuk mencapai cita-cita itu karena setiap orang memiliki jalan pikiran yang berbeda. Untuk mencapai kebahagian di akhirat, agama telah mengaturnya dengan sangat baik, begitu pula untuk mencapai kebahagian di dunia. Saya akan menjelaskan cara mencapai kesuksesan berdasarkan sudut pandang saya.

Hampir sebagian besar pertanyaan yang akan ditujukan kepada kita untuk mendiskripsikan diri kita saat sudah besar adalah tentang pekerjaan. Bahkan saat akan melamar seseorang, pekerjaan menjadi salah satu pertanyaan wajib. Menjadi kaya itu penting walaupun tidaklah mutlak harus dilakukan, dengan menjadi kaya kita akan bisa leluasa beribadah dan berbuat baik.

Menjadi sukses itu bukanlah hanya impian belaka. Kita semua pasti bisa melakukannya, diperlukan bekal yang cukup untuk mendapatkannya. Saat kuliah merupakan puncak dari perjuangan kita ( bagi kebanyakan orang ), yang dilakukan sejak lahir walaupun perjuangan itu tidak akan pernah berakhir. Setelah tamat SMA, kita harus memikirkan dengan baik-baik kelanjutan perjalanan akademik kita. Pilihlah jurusan yang sesuai minat, kemampuan dan juga yang lebih berprospek. Universitas pun memegang peran krusial. Tidak hanya masuk universitas favorit yang sulit, tetapi kehidupan perkuliahan sangat memeras keringat. Tapi, akan dapat kita rasakan suatu manfaat untuk ke depannya. Bagi saya, tidak hanya jadwal perkuliahan yang padat tetapi disertai dengan rentetan tugas yang berkepanjangan apalagi jika kita berkecimpung dalam suatu organisasi atau kegiatan ekstra lainnya. Bahkan hari-harimu akan terasa berjalan cepat. Saat itu, akan terjadi pembentukan cara berpikir kita yang manjadi modal utama dalam dunia kerja. Kemampuan mengelola waktu yang baik menjadi bekal yang harus dikuasai.

Dalam masa perkuliahan, tidak hanya belajar akan kemampuan akademis tetapi kemampuan softskill sangat perlu dikembangkan. Jika kemampuan akademis dan softskill seimbang baiknya maka kesempatan menjadi orang sukses sudah ditangan kita. Untuk itu, ikutilah berbagai organisasi atau event-event yang diselenggarakan. Pastikan dirimu berkontribusi. Tetapi kita harus selektif juga terhadap banyaknya event yang ada. Ingatlah kembali, tujuan utama kita dalam kuliah walaupun terkadang-kadang saya menemukan teman yang memiliki tujuan kuliah yang berbeda. Up to You. Jika, kita seorang akademisi berusahalah untuk mempraktekkan ilmu yang didapatkan saat kuliah. Bisa ikut lembaga penelitian atau membentuk kelompok-kelompok penelitian. Yang penting, kuliah, softskill dan aplikasi dapat kita dapatkan selama kuliah.

Tidak jarang, kita mengalami down atau penurunan semangat selama masa kuliah. Ketika dirasakan terjadi penurunan maka segeralah bangkit untuk naik. Jangan dibiarkan terus merosot lebih jauh, karena akan susah untuk bangkit jika kita telah down terlalu lama. Intinya ketika merasakan diri kita down, paculah diri kita untuk terus naik lagi. Tidak jarang, kita disibukkan dengan hal yang sepele, aturlah waktu kita dengan adil, berilah waktu yang sesuai dengan porsinya. Jangan biarkan hal yang sepele mengacaukan kita. Bersikaplah acuh terhadap hal yang sepele juga tidak apa-apa. Apalagi kalau kita dapat adil terhadap suatu perkara itu lebih baik.

Pergunakan waktu kita secara efisien dan berhasil guna. Bimbinglah diri kita untuk selalu melakukan hal yang berguna, jangan biarkan waktu kita kosong bahkan melakukan hal yang tidak berguna. Ingatlah setiap detik merupakan modal penting yang dianugerahkan kepada kita oleh Allah SWT. Kalau pun bisa, kurangi waktu tidur kita untuk memperbanyak modal yang berupa waktu. Kalau dilihat dari banyaknya kewajiban yang harus kita lakukan, waktu yang tersedia tidaklah cukup untuk itu. So, kembali bagaimana kita mengatur waktu dengan baik.

Bersikap ideal itu pun penting yang menjadi prinsip dan harus dipegang selama hidup ini. Jangan takut, orang ideal itu akan celaka atau pun tidak bisa menjadi sukses. Selalu berpikiran positif dan optimis dalam menjalani hidup ini karena kita akan mendapatkan hasil sesuai besarnya pengorbanan. Sekian dulu, berdasarkan pandangan saya dan saya selalu terbuka menerima saran dan kritikan yang membangun. Semoga kita menjadi orang yang sukses di dunia dan akhirat. SEMANGAT !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: