Indonesia Bangkit

Give More . . . . Get More

Creating Choices: Reaching Your Balance

Posted by yunus07elektro pada Januari 22, 2009

balanceIf you want to find a balance between having a life and being successful in your career, you will need to figure out your priorities (at work and in the rest of your life) and then establish the habits that will allow you to balance them. Because you are a unique individual, your ideal “balance” may be different from that of your friends and colleagues.”

hmm . . .renungkan sejenak ya, arti hidup kita di dunia ini . . . . sesuatu yang kita telah kita lakukan harus dipertanggungjawabkan di kemudian hari. Pertanggungjawaban kepada Allah SWT dengan kepada manusia sangatlah berbeda. Allah memberikan 2 pilihan kepada kita, yaitu Surga atau Neraka. Suatu hal yang tak dapat ditawar-tawar lagi. Kita mengenal hari pembalasan dimana kita akan mendapatkan konsekuensi sesuai apa yang telah kita kerjakan. Oleh karena itu, kita harus hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

“Making Choices: Finding Your Balance”. Strategi yang terbaik adalah berlaku seimbang, jangan terlalu berlebih-lebihan. Saya tahu, untuk menjadi seimbang tidaklah mudah karena benar-benar membutuhkan pemikiran yang matang. Jangan sampai kita hanya terfokus pada satu atau beberapa hal saja, sampai-sampai hal-hal yang juga penting menjadi terbelangkelai atau sekedar terlakasana saja.  Saat kita menjalani tugas sebagai mahasiswa, waktu tercurah untuk memikirkan tugas. Apakah ada waktu yang kita persiapkan untuk memikirkan diri kita ??. Saatnya, mulai dari sekarang kita pikirkan rencana2 kita ke depannya.

Idealisme tiap orang tidaklah sama karena kita adalah makhluk yang unik.  Sesuatu yang baik bagi orang lain belum tentu baik bagi kita.  Sebenarnya ide menulis artikel ini ketika saya mendapat nasihat dari kakak angkatan. Jika kamu ingin sukses pada kompetisi tertentu kamu harus fokus pada hal itu. Kamu harus berusaha maksimal atau optimal. Kemudian saya bertanya, berusaha maksimal itu seperti apa ya ? Dan dia menjawab, kamu harus menentukan prioritasnya, hal itu dijadikan prioritas tertinggi. Jika kamu telah berusaha maksimal apapun hasilnya kamu tidak akan kecewa.

Pernyatan itu memang tepat. Tetapi terkadang ada hal yang ambigu. Pengertian berusaha semaksimal mungkin. Bagaimana dengan hal-hal yang penting lainnya ? Menurutku, kita harus fokus juga terhadap hal penting lainnya. Hal yang penting itu juga bisa lebih dari satu. Oleh karena itu prinsip keseimbangan berlaku, Berusaha maksimal bukan bearti 80%-90% waktumu, kamu habiskan untuk itu, tetapi berusaha maksimal memberikan porsi semaksimal mungkin untuk itu tetapi jangan sampai menelantarkan hal penting lainnya. Jangan juga,  suatu hal yang sepele dijadikan hal yang penting ( tambah beban aja). Kita harus dengan cermat menentukan apa saja hal yang penting. Jadi, setiap hal penting sudah ada porsinya. Memang benar, jika kita berusaha maksimal dalam suatu hal, apapun hasilnya tidak masalah, apabila kita tidak berusaha maksimal maka akan terasa suatu kekecewaan apabila hasil yang kita dapatkan jelek. Jadi ( sekali lagi ) kita harus berusaha maksimal untuk hal-hal penting yang kita punyai.

Memang hidup itu adalah sebuah pilihan, menjadi apa kita nantinya, itu semua tergantung dari kita. Yang penting, lakukan yang terbaik . . .Berpikiran positif dan optimis . . .Jangan mudah menyerah. Ada satu hal lagi, sesungguhnya apa yang kita dapatkan, tidak jauh-jauh dari yang kita usahakan . . . . So, teruslah berusaha ^_^

Bagi anda yang membaca tulisan ini, dan menemui kesalahan terhadap apa yang saya tulis. Silahkan mengisi comment, saran dan kritik anda, sangatlah membantu . . . . Kita hidup di dunia ini, senantiasa berubah untuk menjadi lebih baik sampai akhir hayat datang. . . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: